Orang yang Hobi Beristri

21 Jan
Illustrasi: Diunduh dari Google

MASING-MASING-masing orang  punya hobi. Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi antara lain mengumpulan sesuatu (koleksi) sesuatu, misalnya perangko, jam tangan, cindera mata. Tapi itu biasa, kan?
Sekarang salah satu hobi yang tidak biasa dan unik adalah mengoleksi istri alias poligami. Weleh-weleeeehhh… Tak percaya?
Di India, ada seorang pria yang mempunyai koleksi 50 Istri dengan  109 Anak. Namanya Ziona (64). Ia berasal dari Negara Bagian Mizoram. Jumlah anggota keluarganya hampir satu kampung maka dia mengangkat diri sebagai kepala kampung Baktawng, 90 km utara ibukota provinsi itu, Aizawl. Penduduk kampung itu belum lama ini mencoba memasukkan Ziona ke Guiness Book of Records sebagai laki-laki dengan istri terbanyak, namun usaha itu kandas, karena laki-laki tersebut menolak difoto.

Usman Balo

Di Indonesia, ada beberapa nama juga dikenal sebagai kolektor istri.
Usman Balo (almarhum), misalnya. Salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan, di Sulawesi Selatan tersebut memiliki 108 orang isteri. Pada jamannya, Usman Balo sangat disegani dan ditakuti sekalipun oleh kompeni. Saat itu banyak desa yang diobrak-abrik oleh penjajah, namun desa-desa dimana terdapat keluarga korban tidak pernah disinggahi oleh penjajah. Dengan alasan tersebut almarhum mulai menikahi gadis-gadis hampir di setiap desa. Usman Balo meninggalkan 26 orang anak, dan lebih 100 orang cucu serta puluhan orang cicit.

Marsan

Kemudian Marsan (74) asal Cipondoh, Tangerang, juga memiliki koleksi yang cukup banyak. Di kampungnya, keturunan Betawi ini dijuluki “tukang kawin”. Menurut cerita Marsan, Sejak usia 15 tahun sampai sekarang, ia sudah menikahi 94 perempuan. Dari jumlah itu, belasan perempuan masih berstatus perawan saat dinikahi. Dalam setahun, dia bisa menikah antara satu sampai tiga kali. Bahkan pernah dalam sehari dia menikahi tiga perempuan sekaligus. Dari 94 istrinya, Marsan dianugerahi 16 anak dan 25 orang cucu. Dari 94 istri itu sebagian sudah meninggal, sebagian dicerai karena tak bisa memberikan anak. Sekarang Marsan hidup bahagia bersama istri ke-25, Nasuro, dan ke-30, Sauni. Keduanya dianggap Marsan sebagai istri yang paling setia. Menikah sampai 94 kali, Marsan mengaku punya alasan tersendiri. Selain untuk memenuhi kebutuhan biologisnya, juga untuk alasan kemanusiaan. Sebab tidak semua wanita yang dinikahi punya fisik normal.

Salah satu istri Noordin (Kompas)

Selanjutnya, berapa banyak istri gembong teroris Noordin M Top? Tidak ada yang tahu pasti. Ada yang mengatakan empat orang, tetapi ada pula yang menyebut 11 orang. Yang pasti teroris kakap ini selalu berhasil menggaet wanita untuk dijadikan istri di setiap tempat persembunyiannya. Dari sejumlah istrinya itu konon Noordin memiliki banyak anak. Namun seperti jumlah istrinya, angka pasti anak-anaknya pun tidak diketahui pasti. Yang sudah jelas, anak orang yang diduga Noordin M Top adalah dari istri terbarunya Ariani Rahma, Noordin yang mengaku bernama Abdul Halim ini memiliki dua anak. Sebelumnya Noordin juga memiliki tiga anak dari istrinya di Jawa Timur, kemudian tiga anak dari istrinya di Riau.

Juaini Rahman didampingi dua istrinya

Lalu Juaini Rahman alias Jon. Lelaki asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini sepertinya juga tak mau kalah. Meski tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, pria ‘’perkasa’’ yang kini berdomisili di Praya, Lombok Tengah, telah menikahi 44 wanita. Dan, yang langka terjadi jika lelaki memiliki istri lebih satu jarang bisa berkumpul dalam satu rumah. Namun Jon bisa mengatasi hidup bersama empat istrinya dalam satu rumah.
Nama Jon cukup populis di kalangan sebagian laki-laki penganut poligami di Praya dan sekitarnya. Andai mau menemuinya, tinggal tanya orang di lingkungan Srigangge, Kelurahan Tiwu Galih, Praya bakal ditunjukkan dimana si Jon ini tinggal. Tepatnya, di sebelah barat BTN Bonter, belakang RSUD Praya. Hanya sekitar 15 meter sebelah utara pinggir jalan. ‘’Saya sudah menikah 44 kali. Dan, saya punya target menikah sebanyak 100 kali,’’ aku Jon diawal bicara dengan wajah serius.
Dari puluhan wanita yang telah dipersunting itu, Jon hanya pernah mendapat janda dua kali (dua orang). Itupun janda yang tidak memiliki anak dari suami sebelumnya. Selebihnya, wanita yang dinikahi masih gadis alias belum pernah menikah. Selama ini, Jon memiliki kebiasaan mengoleksi empat istri sekaligus dalam sebuah rumah. Sebuah kondisi yang sulit bahkan sangat tidak mungkin dilakukan oleh kaum pria pada umumnya. Namun baginya, itu sesuatu yang biasa. Sebaliknya, ia akan merasa janggal jika tidak memiliki empat istri.
Siapa menyusul???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: